Monday, February 18, 2013

30 Persen, Pacar Sekantor yang Jadi Suami-Istri


- Kalau pemain sinetron bisa cinta lokasi, kita yang bekerja di kantor pun bisa cinta lokasi. Tepatnya, jatuh cinta dengan teman sekantor karena terbiasa bertemu setiap hari. Witing tresna jalaran saka kulina, begitu kata orang Jawa.

Namun, berbeda dengan cinta lokasi di tempat syuting sinetron yang cenderung hanya sementara, pacaran dengan teman sekantor lebih memungkinkan untuk bertahan lama, begitu menurut penelitian baru dari CareerBuilder.com. Namun menurut situs tentang dunia kerja ini, hanya 30 persen dari hubungan di kantor yang berakhir dengan pernikahan.

Sebanyak 39 persen dari 4.216 karyawan yang disurvei mengatakan bahwa mereka pernah mengencani rekan kerja, setidaknya satu kali selama pengalamannya bekerja. Dari jumlah tersebut, 29 persennya mengatakan bahwa mereka pernah berkencan dengan rekan dengan jabatan lebih tinggi, dan 16 persennya mengaku berkencan dengan atasan.

Karena jabatan tinggi umumnya diraih oleh pria, tidak mengherankan bila perempuan lebih memungkinkan untuk mengencani orang dengan jabatan yang lebih tinggi (38 persen, sedangkan pria hanya 21 persen). Kebanyakan dari mereka terbuka dengan hubungan yang dijalani, dan hanya 35 persen yang melakukannya diam-diam.

Meski menjalin hubungan dengan teman sekantor berpeluang menjadi serius, Clarence Belnavis, seorang partner di firma hukum Fisher & Phillips di  Portland, Oregon, mengingatkan risiko menjalani office romance. Soalnya, kebanyakan karyawan enggan menghadapi konsekuensi legal bila terjadi "apa-apa".

"Sangat sedikit karyawan yang menghadapinya dengan sikap pro-aktif. Jika Anda memang menemukan jodoh di kantor, lebih Anda pertahankan kekasih Anda, dan cari pekerjaan di tempat lain," saran Belnavis.

Tidak semua lingkungan kerja memungkinkan pertemuan jodoh di kantor. Menurut survei CareerBuilder, kebanyakan orang yang menemukan pasangan di kantor bekerja di industri hospitality (perhotelan, restoran, dan bagian dari pariwisata lainnya), teknologi informasi, layanan keuangan, dan layanan kesehatan. Orang-orang terkenal yang bertemu di kantor yang sama antara lain Barack dan Michele Obama, Brad Pitt dan Angelina Jolie, dan CEO CBS Leslie Moonves dan istrinya, Julie Chen.

Menurut survei ini, masih lebih banyak orang yang bertemu jodoh di luar tempat kerja. Sebanyak 12 persen orang yang disurvei mengaku mulai pacaran ketika tanpa sengaja bertemu di tempat umum, dan 12 persennya lagi ketemu di ajang happy hours di kelab PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvZHViYWktZGFwYXQtYmFuZ3VuLW1hbC10ZXJiZXNhci1kaWR1bmlhLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+bWFsPC9hPg==am sepulang kerja.

Orang-orang yang punya pacar sekantor juga disarankan untuk pamer kemesraan di depan rekan kerja yang lain. "Membuat teman kerja merasa tak nyaman dengan kemesraan Anda itu tidak pantas," ujar Rachel DeAlto, penulis buku Flirt Fearlessly.

Untuk Anda yang berniat serius dengan pacar sekantor, DeAlto menyarankan untuk mencari aturan mengenai menikah dengan teman sekerja. Kalau perusahaan membuat larangan mengenai hal itu, berarti salah satu dari Anda harus rela mengundurkan diri dari perusahaan.

 

0 comments:

Post a Comment

Copyright @ Female | Support by Blog Enthrall Store